Selasa, 16 Juni 2009

Perhitungan Bagi Hasil Bank Syariah

Buat para blogger yang belum mengetahui bagaimana cara perhitungan bagi hasil yang kita dapatkan apabila dana kita ditempatkan di Bank Syariah. Baerikut ini saya coba simulasikan sedikit cara perhitungan bagi hasil untuk Deposito

Jika diketahui :
1. Nominal Deposito di Bank Syariah Rp. 10.000.000,00 dengan jangka waktu 1 bulan
2. Saldo rata-rata seluruh Deposito di Bank tersebut yang memiliki jangka waktu 1 bulan adalah Rp.5.000.000.000.000,00
3. Saldo pendapatan distribusi bagi hasil seluruh Deposito yang ada di Bank tersebut yang memiliki jangka waktu 1 bulan Rp.50.000.000.000,00
4. NISBAH bagi hasil Deposito dengan jangka waktu 1 bulan adalah 55,00 % untuk Nasabah dan 45,00 % untuk Bank.
5. maka bagi hasil yang diterima oleh Nasabah tersebut adalah





Jadi dari simulasi tersebut didapatkan, jika kita menempatkan dana kita berupa Deposito senilai Rp.10.000.000,00 dengan nisbah 55,00%. Pada bulan berikutnya, kita akan mendapat bagi hasil dari Bank sebesar Rp. 55.000,00. Cukup adil bukan ?.Perhitungan tersebut baru bisa diketahui pada bulan berikutnya.

Lain halnya dengan Deposito di Bank Konvensional, dimana bila kita menempatkan dana kita saat ini pada bank Konvensional, maka berapa yang akan didapat pada bulan yang akan datang, kita sudah bisa mengetahui saat ini juga dengan mengalikan dana kita tersebut dengan besaran bunga yang sudah ditetapkan oleh Bank tersebut tanpa kita memperdulikan berapa pendapatan Bank pada bulan berikutnya.

Semoga contoh ini dapat bermanfaat, dan para blogger juga bisa menilai mana yang lebih adil bagi pihak Nasabah maupun pihak Bank sebagai pengelola dana.


6 komentar:

  1. wah bagus juga nih infonya, maklum masih kurang faham sama bagi hasil bank syariah....

    BalasHapus
  2. Ilmu yang bermanfaat nieh. Klo gak salah itu yg namanya riba' ya? Memang sebaiknya saat ini kita memilih menyimpan dana kita di lembaga keuangan Syariah ya kawan.
    Thanks informasinya, insya allah bermanfaat.

    BalasHapus
  3. Makasih Infonya mas, sangat bermanfaat untuk membantu saya dalam menyelesaikan Penelitian Ilmiah di kampus. Semoga bisa memberikan ilmu yang lebih baik lagi kedepannya!Amin.

    BalasHapus
  4. mas mau tanya kalau nilai nominal deposito /(dibagi) saldo rata - (kurang) rata seluruh saldo deposito itu sama enggak dengan HI-permil?

    BalasHapus
  5. sgt bermanfaat...krn bwt sy sgt membingungkan wkt dijelasin sm peg banknya....

    BalasHapus
  6. wah syariah tersebut adalah ciptaan Allah,segala kebaikan yang di beri oleh Allah benar benar paling baik,tinggal kita saja yang mau menjalankannya atau tidak.

    BalasHapus